ANTARAN SAMPAH BESERTA RESCUE

"Salju salju" segala samudra tersebut juga dikenal sebagai 'pompa biologis' karena ialah makanan yang utama yang mencengkau hewan uap dalam serta komunitas pendek laut. Seharga angin bayu yang luar biasa kuat yang bisa menggaul air yang sejuk, beku, kaya nutrisi ke tingkatan permukaan yang lebih intim. 


Masalahnya ialah kurang menyesuaikan dekat pesisir, di mana limpasan daripada daratan menuntun nutrisi daripada tanah yang terkikis, pembusukan tanaman & hewan & pupuk yang digunakan dalam sektor agraria dan pula pembuangan daripada selokan & pabrik pengolahan limbah (lebih jauh lagi nanti). 

Segala sesuatu yang memproduksi sistem bertindak? Tapi dalam luar zona, nutrisi seringkali kekurangan cadangan, hanya terpisah dari upwelling dimana aliran menyimpang, nitrogen ditetapkan sambil bakteri ataupun diendapkan daripada atmosfer & debu yang tertiup udara ditiup daripada darat. Lalu kemudian, di sungai dangkal, kian mudah udara dan aliran untuk mencampuri air mampu nutrisi terbang ke tempat yang diterangi sinar matahari. 

Tapi tersebut menciptakan seksi potensial yang besar sebab tanaman plankton yang berkembang dengan lekas menghabiskan nutrisi yang ada dan sumber penyiapan terpendam mereka - nutrisi dalam salju samudra - tergila-gila di lembah zona yang diterangi cahaya matahari.

Seksi besar itu mungkin mempunyai jawaban gede: kotoran ikan paus. Uskup sperma & paus berpelindung bisa menyelinap sejauh wahid mil ataupun lebih untuk berburu mata-mata dan ikan. Paus kerap makan tersendiri di lembah zona yang diterangi cahaya matahari yang mana tanaman plankton tumbuh. Joe Roman & James McCarthy menamai reaksi ini 'pompa ikan paus'. Paus & penyelam yang lain, seperti meterai gajah & segel Weddell mengantarkan nutrisi ke tumbuhan dengan meluluskan makan dalam kedalaman, akan tetapi sering menghilangkan kotoran di permukaan.

Komentar

Postingan Populer